Kamis, 17 Mei 2012

 Tujuh Arena Pertandingan Masih di Bawah 50 Persen
 
Logo PON XVIII/2012
HEADLINE NEWS, PEKANBARU — Tinggal 114 hari lagi, persiapan tujuh arena pertandingan untuk Pekan Olahraga Nasional  Riau 2012, yakni boling, biliar, panahan, gulat, tenis, sofbol, dan bisbol, masih mengkhawatirkan. Pembangunan arena masih belum mencapai setengah atau kurang dari 50 persen.
"Panitia Besar PON (Pekan Olahraga Nasional) harus lebih cepat lagi bekerja agar seluruh arena dapat selesai pada saatnya," ujar Eman Sumusi, anggota Tim Pengarah PON Riau 2012 dari KONI Pusat yang dihubungi pada hari Kamis (17/5/2012).

Menurut Eman, yang mengkhawatirkan adalah cabang boling dan biliar yang berada di Kompleks Seni Idrus Tintin, Bandar Serai, Kota Pekanbaru. Proyek pembangunan yang dikerjakan oleh pihak ketiga dengan sistem bangun guna serah (build, operated, and transfer) di lahan Pemerintah Provinsi Riau itu masih sangat lamban kemajuannya, bahkan belum mencapai 20 persen.

Selain lambat, pembangunan arena yang dipadukan dengan kawasan bisnis di kompleks yang bakal dinamai Riau Town Square (Ritos), banyak mendapat tantangan dari sejumlah kalangan di Riau. Beberapa anggota DPRD Riau dari Fraksi Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan menolak pembangunan kompleks bisnis di situ. Pasalnya, dalam rencana awal, kompleks itu diperuntukkan untuk mendukung kegiatan Budaya Melayu.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, pembangunan arena boling dan biliar masih berupa pekerjaan awal pondasi. Adapun arena panahan masih mengerjakan lapangan inti dan belum menyentuh lapangan pemanasan sama sekali. Pembangunan gedung pendukung untuk panahan juga belum 50 persen. Sementara itu pembangunan lapangan sofbol dan bisbol di areal PT Chevron juga berjalan lamban.

Pejabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau, Emrizal Pakis, mengatakan, pihaknya senantiasa berupaya menyelesaikan seluruh arena agar dapat digunakan tepat pada waktunya. Kalaupun ada arena yang masih belum selesai, menjelang pelaksanaan PON pada 9 September 2012, PB PON sudah menyiapkan arena pengganti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar